Jumat, 12 Oktober 2012

FADLILAH MAHABBAH KEPADA ALLAH DAN RASULNYA 2

Siapa ingin bermimpi indah, berjumpa dengan Nabi saw,. maka ia harus mencintai beliau secara serius, dibuktikan dengan ketaatan terhadap sunnahnya dan  memperbanyak shalawat kepada beliau saw. Menunjuk sabda beliau saw,. "Siapa mencintai sesuatu pasti banyak menyebutnya ". ( di kutip dari Girdaus).


Dari Umar bin Murrah Al-Juhani ra,. ia berkata : " Seorang  pria dari Qadla'ah datang menghadap Nabi saw dan bertanya: ya Rasul, menurut anda aku termasuk golongan manakah, jika aku telah bersaksi bahwa tiada Tuhan kecuali Allah, dan anda RasulNya, dan aku shalat 5 waktu, puasa Ramadlan, dan beribadah di malamnya, serta membayar zakat? Jawab beliau saw: Siapa meninggal dunia dalam keadaan demikian, maka ia bersama para Nabi, para shiddiq, para syuhadak di hari Kiamat, demikian ibaratnya: "Beliau tegakkan jari-jari", sepanjang tidak durhaka terhadap ibu-bapaknya", sebab orang yang durhaka terhadap ibu-bapaknya "  , Sebab oraang  yang durhaka terhadap ibu Bapaknya sebab orang yang durhaka terhadap ibu-bapaknya jauh dari rahmat Tuhan yang pemurah". (Misykatul Anwar )

Dari Aisyah ra,. Nabi saw. bersabda:" Ketika Allah hendak mamasukkan orang-orang mukmin ke sorga, maka Dia tugaskan satu malikat membawa hadiah dan pakain sorga untuk mereka, sewaktu mereka hendak masuk, malaikatpunberkata. " Tunggulah  dulu aku bembawahkan hadia dari Tuhan Penguasa alam . jawab mereka " Hadiah apa yang di maksud? Jawabnya : " sepuluh  macam cincin yang telah di tulis dengan :

1. SALAAMUN' ALAIKUM THIBTUM FAD-KHULUUHA KHAALIDIIN.
 Atinya : "Kesejahteraan di limpakah atasmu,  beruntunglah kamu dan masuklah sorga untuk selamnya "
 ( Az. Zumar 73 )
2. UD-KHULUUHAA BISALAAMIN AAMINIIN
 Artinya : " Masuklah ke sorga dengan sejahterah lagi aman ".
3. ADZ- HABTU' ANKUMUL AHZAANA WAL HUMUUMA.
Artinya : " Rasa sedih dan duka telah Kulenyapkan darimu".
4. ALBASNAAKUMUL HILAL
Artinnya : Telah Kuberikan padamu pakaina perhiasan ".
5.WAZAWWAJNAAHUM BIHUURIN 'IIN
Artinya " Dan Kami berikan bidadari sebagai pasangan mereka ". (Ad-Dukhan 54 )
6. INNI JAZAITUHUMUL YAUMA BIAMAA SHA-BATUU ANNAHUM HUMUL FAAIZUUN.
Artinya : " Sungguh, Kubalas mereka pada hari ini berkat kesabaran mereka, bahwasanya mereka itulah yang beruntung ". (Al-Mukminum 111)
7. SHIRTUM SYABAABAN LAA TAHRAMUUNA ABADAN
Artinya : Jadilah pemuda yang tak kenal tua sepanjag masa ".
8. SHIRTUM AAMINIINA LAA TAKHAAFUUNA ABADAN
Artinya : "Jadilah orang yang senantiasa aman, tiada, rasa khawatir selamanya ".
9. WARAFIIQUKUMUL AMBIYAAU WASHA-SHIDDIIQUUNA WASY-SYUHADAA-U   WASH-SHAALIHUUN.
Artinya : " Kamu berkawan dengan dengan para  Nabi,  para shiddiq, syuhadak dan shalihin ".
10. KUNTUM FII   JIWAARIR RAHMAANI DZIL 'ARSYIL KARIIMIL 'ADHIIM.
Artinya :   " Keadaamu berada di sisi Ar-Rahman, Pemilik ' Arasy agung ".

Maka masuklah mereka ke sorga , seraya  mengucapkan : ALHAMDULILLAHILLADZI   ADZ - HABA  'ANNAL HAZAN, INNA RABBANAA LAGHAFUURUR RAHIIM
Artinya " Segala puji bagi Allah yang telah melenyapkan kesedihan kami, sungguh, Tuhan kami Maha pengampun, dan /syukur " (safinatul Abrar ).

Dari  Ibnu abas ra., Babi saw. bersabda :  " Siapa berpegang teguh pada tindak/sunnaku, ketika umatku berantakan tiada menentu, maka baginya pahala 100 orang mati syahid".

Dari Zaid bin Thlha dari ayah dan eyangnya, Nabi saw, bersabda : " Sungguh, agama Islam lahir dalam keadaaan terasing, dan ia bakal kembali dalam keadaan terasing pula, maka beruntunglah, bagi yang terasing, yaitu mereka yang menegakkan sunahku, yang telah diobrak-abrik manusia sepeninggalku ". (Thariqah Muhammadiyah).

Muqatil dalam pernyataanya : " Ada 10 macam hayawan yang bakal masuk sorga, yaitu : Anak sapi kepunyaan Nabi  Ibrahim,  kibas/domba Nabi Isma'il , onta Nabi Shaleh, ikan Nun yang menyantap Nabi Yunus, sapi Nabi Musa, Himar Nabi 'Uzair, semut  Nabi Sulaiman, Burung pelatuk/hud-hud tatu Bilqia, anjing yang menyertai Ash-habul Kahfi, dan buraq yang di buat kendaraan Nabi Muhammad saw., semuanya bakal menjelma menjadi kibas. kemudian di putuskan semua urusan hamba, pada saat itu tiada seorangpun yang menganggap dirinya bakal terbebas dari siksa, baik dari kalangan malaikat terdekat, para Nabi yang di utus, ataupun para pejuang yang mati syahid, akibat melihat pedihnya siksa, hisab dan bahaya menegangkan, kecuali mereka yang di jaga oleh Allah Swt. "
                                                                                                       (Misykatul Anwar ).

Ketahuilah , bahwa manusia itu memiliki 3 perkara, Yaitu aneka kebaikan : 1 . Pekerjaan Hati, yakni AT- TASH-DIIQ( membenarkan ), halitu tidak mungkin dilihat dan di dengar, tetapi mungkin diketahui/dimengerti.  2. Pekerjaan lisan/ucapan yang mungkin di dengar, 3. Pekerjaan anggota tubuh, yakni hal-ahal nyata dapat di ketahui /dilihat. maka jika seseorang mampu menghimpun tiga perkata tersebut untuk pebuatan baik ( amal shaleh), Allah menjadikan pada yang didengar sesuatu yang telinga tiada mendengar. Dan pada yang di lihat sesuatu yang mata tiada melihat. dan pada Pekerjaan Hati, sesuatu yang hati manusia belum pernah merasakan. Untuk itulah pentingya seorang berlatih diri, beribadah secar teratur /disiplin, sebab pahala amal baik seseorang sedikitpun tidak bakal di kurangi oleh Allah, malahan Allah memberi sorga dan derajat kemulyaan ". ( Sananiyah ).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar