Selasa, 02 Oktober 2012

FADLILAH KAUM PRIA ATAS WANITA 3

Dari Abdullah bin Umar, Rasul, Rasul saw, bersabda: " seandainya seorang istri membawa emas perak sepenuh isi bumi, ke rumah suaminya, lalu pada suatu hari ia membanggakan harta tersebut, dengan mengucapkan: "siapa sih sebenarnya kamu, semua harta ini kan aku yang punya, bukan pembawamu? maka lenyaplah semua amalnya, sekalipun banyak".

Dari ibnu Abas ra., Rasul saw. bersabda: " seorang istri yang keluar dari rumah suaminya tanpa seizinnya, maka istri itu mendapat kutukan semua makluk  yang di sorot matahari dan bulan, kecuali jika ia segera kembali ke rumah suaminya"

Dari Ibnu Abas ra., Nabi saw bersabda : "ketika seorang istri sesudah berhias diri keluar dari rumanya, pakai farfum segala,dan sang suami tenang -tenang saja / merelakannya maka suami tipe bulus ini bakal di bangunkan gedung bertingkat di neraka". Kami berlindung kepada Allah. Raja Perkasa.

Dari Thalha bin Abdullah ra., Rasul saw. bersabda: "seorang  istri yang acuh dan mermuram durja di hadapan suaminya, hingga mengakibatkan sang suami bersedih hari, maka ia di marahi Allah, kecuali jika segera mengeluarkan senyum simpul yang melegakan hati suaminya".

dari Abu Hurairah ra. Nabi saw bersabda : " ketika sang suami mengajak tidur bersama istrinya, lalu istri tersebut menolak, hingga suami tidur semala dalam keadaan  marah padanya, maka para malaikat mengutuki istri tersebut sampai pagi ".

Salman Al-Farisi bercerita : " dei  Fatimah ? putri Rasul saw. mengunjungi ayahnya, di saat ia melihat ayahnya tiba-tiba  ia menangis hingga bercucuran air matanya, demikian pula roman mukanya berobah. lalu Rasul saw. bersabda " Apakah gerangan yang menimpaa dirimu hari putriku"? jawab Fatimah : Ya Rasul, semalam aku dan suami ku (S. Ali) bercanda hingga menimbulkan ucapan yang mengakibatkan ia memarahiku. Akhirnya aku sangat menyesal dan sedih, dan kataku kepadanya : " wahai kekasih dan kesayanganku, maafkanlah kesalahanku padamu ", dan hal itu ku lakukan sambil mengintarinya sebanyak 70x, sampai ia memaafkan dan tersenyum padaku ", namun demikian aku tetap takut kepada tuhanku. Maka beliau saw. bersabda kepada putrinya: "Wahai putriku, demi Allah yang mengutusku dengan hak, sungguh seandainya engkau meninggal sebelum suami memaafkan, aku tidak bakal menshalati mayatmu". sabdanya pula : Wahai putriku, ketahuilah keridlaan suami berarti keridhaan Allah, dan  sebaliknya kemarahannya berarti pula kemarahan Allah. Wahai putriku, seorang istri yang sungguh-sungguh beribadah sebagimana dewi  Maryam putri Imran, lalu suaminya tidak ridha kepadanya, maka Allah tidak menerima amal ibadanya. Wahai putriku, amal terbaik bagi seorang istri yaitu kesetiaan kepada suami, dan bercumbu rayu denganya. Wahai putriku, duduk bercanda dengan suami selama sejam, lebih baik daripada ibadah setahun, dan setiap pakaian yang di pakai dalam bercanda dengan suami, di tulis sebagai pahala orang mati syahid. Wahai putriku, sungguh, seorang istri /ibu yang bercumbuh dengan suaminya hingga mengenakan  pakaiannya, dan anak-anaknya maka di pastikan sorga baginya, dan setiap mengenakan pakaian bakal menjadi kota indah di dalamnya ",.

Nabi saw bersabda :" Seorang suami beristri dua, dan ia tidak dapat berbuat adil dalam hal memberi nafkah keduanya dalam hal tidur pada keduanya, dalam hal makan minum, maka ia lepas dari jaminanku, dan tanggung jawabku kepadanya, bahkan tiada syafaatku padanya, kecuali jika bertaubat".

Nabi saw bersabda :"Siapa punya dua orang istri, lalu ia condong pada seorang istri melebihi satunya, dalam riwayat lain"tidak berlaku adil terhadap keduanya", maka kelak di hari kiamat ia datang dengan membengkok salah satu lambunya".
                                                                                        (di kutip dari kitab mursyidil Muta-ahhilin).

sumber : kitab duratun nasihin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar